Saturday, March 7, 2009

"BUNDA...GAZA SUDAH BESAR..."

Ada cerita lucu pengalaman mudik tahun kemaren. Waktu itu Gaza masih berusia 2.4 tahun. Karena perjalanan Batam - Jakarta sangat jauh aku terpaksa menggunakan pesawat terbang. Dimana Gaza sama sekali gak mau dianggap sebagai anak kecil alias "sok gedhe."

Tibalah saatnya persiapan keberangkatan. Semua koper aku persiapkan untuk mengangkut semua keperluan selama di Jawa. Tiba-tiba Gaza protes dengan logat cadelnya yang masih ternata-bata:

“Bunda, Gaza mau bawa koper sendiri…” rajuknya
“Nanti kalau kopernya hilang gimana?” Aku balik bertanya.“Mas Gaza pakai koper Bunda saja ya” Lanjutku lagi.
Tapi sepertinya Gaza kekeh ingin membawa kopernya sendiri. Setelah aku pikir-pikir akhirnya aku ijinkan tapi dengan syarat dia harus bawa kopernya sendiri tanpa bantuan Ayah dan Bundanya. Sebetulnya gak tega sih, tapi aku sekedar pingin tahu aja sampai dimana dia paham akan Tanggung jawab. Kalau belum paham sih gak apa-apa namanya juga masih umur 2 tahun.

Aku siapkan barang-barang yang akan dibawa Gaza, semua hasil pilihanku (mainan-mainan) dia singkirkan. Dia bilang: “ Gaza gak mau bawa ini Bunda.”
“ Memang kenapa, Mas Gaza?” Tanyaku penuh selidik.
“ Ini mainannya adik bayi, bunda.”Jawabnya ringan.
Akhirnya aku bebaskan dia menyiapkan keperluannya sendiri, seperti guling 'busuk', buku dongeng, dan segala macam mainan kesukaannya.

Tibalah saatnya cek-in, Gaza sudah pesan: “Gaza mau duduk sendiri, bunda.” Putraku dengan percaya diri ikut masuk dalam antrean panjang bersama Ayahnya dengan membawa tiketnya sendiri. Bahkan bording pun dia sendiri gak mau di bantuin sambil nenteng Tas kopernya. Aku dan Ayahnya hanya mengawasi dari dekat sekiranya Gaza bingung butuh bantuan.
Aku dan Ayahnya sampai berpikir dan bertanya dalam hati, apalagi ya yang akan Gaza lakukan didalam pesawat nanti? pokoknya aku sudah siap-siap jawaban untuk berbagai macam pertanyaannya.

Tapi Alhamdulillah, didalam pesawat dia sangat mudah diatur. Dia duduk manis sambil melihat gambar-gambar yang ada didalam buku dongeng kesukaannya. Aku baru sadar kalau Gaza kini sudah besar. Hati sangat terharu melihat kedewasaannya

Tapi sekarang yang penting akhirnya aku bisa istirahat dari semua pertanyaannya. Hihihi...

No comments:

Post a Comment