Monday, September 14, 2009

WADUH…GAZA BUKA CELENGAN….

Gaza memang sudah dari usia 2 th sudah terbiasa menyisihkan uang untuk membeli sesuatu yang dia inginkan. Bukannya aku pelit sama putraku atau tidak mampu membelikan sekedar mainan murah, tapi aku memang sengaja melatih putraku untuk disiplin dengan uang. Seperti misalkan dia ingin bermain ke timezone aku tidak pernah menjanjikan hal-hal yang membuat dia ketagihan, maka aku selalu bilang:

“Gaza, mau main ke Timezone khan? Gaza harus nabung dulu ya, biar nanti Gaza mainnya bisa lama.”

Jadi bisa diartikan kalau Gaza gak nabung berarti gak ada jatah bermain. Dan untuk hal itu aku sangat konsisten. Aku sih bisa aja menuruti kemauan dia untuk bermain ke timezone setiap saat, tapi dia nanti jadi ketagihan dan kurang peka dengan keadaan keuangan orang tua.

Kebetulan juga Gaza tidak menyukai jajanan warung, biasanya jajanan sudah aku stok setiap bulan dirumah. Atau aku sengaja membelikan roti kesukaannya dari sisa uang belanjaku setiap hari. Ya Alhamdulillah sekarang aku melihat hasil dari pola asuhku, aku sangat bangga.

Seperti beberapa hari yang lalu, Gaza membongkar celengannya karena sudah terlalu berat.
“Bunda, celengan Gaza dibuka ya…”rajuknya kepadaku.
Aku tahu dulu waktu dia memulai menabung dia pernah bilang mau beli mobil-mobilan mini (hot wheel) yang satu set harganya bisa ratusan ribu.
“Memangnya Gaza mau beli apa?” tanyaku
“Gaza mau beli mobilan, main Timezone sama mau makan KFC bunda.” Jawabnya dengan polos.

Aku sangat terharu, sekaligus bangga. Terharu karena aku memang sengaja jarang mengajak Gaza makan di KFC maupun bermain di time zone. Bangga karena aku melihat kebanggaan di mata putraku bahwa dia mampu membeli makanan dan mainan dengan uang hasil tabungannya sendiri.

“Bunda, Gaza hatinya jadi senang, Gaza gak sedih bunda.” Katanya dengan mata yang berbinar. “Bunda Gaza nanti nabung lagi, khan?” tanyanya yang aku balas dengan pelukan.
Gaza…gaza






No comments:

Post a Comment